Cafe | What If Tenaga Surya? EP #1

Setiap bulan, seorang pemilik cafe pusing melihat besarnya tagihan PLN dari coffee maker, AC, chiller, speaker, dan lighting.

Tapi di sisi lain, seorang pemilik cafe tidak bisa mematikan coffee maker begitu saja karena masih ada pesanan customer, tidak bisa mematikan AC karena customer bisa pergi karena kepanasan, dan tidak bisa mematikan chiller karena susu dan frozen food akan basi.

Apakah tidak ada cara lain untuk menghemat biaya listrik, tanpa menolak customer?

Bagaimana jika biaya listrik bisa dihemat sebesar 40% dengan panel surya?

Pasang panel surya untuk menghemat biaya listrik sebesar 40%

Atap cafe cukup untuk pasang panel surya 13400 Wp

Apalagi, bukankah ini era milenial dimana publik semakin anti dengan produk yang tidak ramah lingkungan seperti kantong plastik? Kenapa tidak memberikan sebuah experience baru untuk customer?

Misalnya, customer itu melihat di dinding ada sebuah angka digital yang bertambah setiap detiknya. Ternyata, itu adalah polusi karbon yang berhasil dicegah sebagai kontribusi cafe terhadap lingkungan. Sembari menunggu kopi, jari jempol bergerak ke TikTok dan Instagram untuk memposting experience ini ke followernya. Setelah itu, kopi datang dan customer itu dapat menikmati secangkir kopi yang setiap tetesnya dibrewing dengan energi hijau dari panel surya ramah lingkungan.

Jadi, pemilik cafe dapat menghilangkan ketakutan saat melihat tagihan PLN karena sekarang ada penghematan biaya listrik sebesar 40%, sekaligus mendapatkan customer baru via word of mouth dengan experience baru.